Jenis Batu Akik Pancawarna


Pancawarna atau yang biasa disebut dengan singkatan PW oleh sebagian besar masyarakat dalam dunia perbatuan di Indonesia adalah batuan species Chalcedony.

Di tengah masyarakat kita sering muncul muncul berbagai pemahaman yang tidak tepat akibat kurang memperhatikan makna penamaan yang baku dalam tata bahasa Indonesia yang benar. Namun terlepas dari itu semua, masyarakat kita tidak bisa disalahkan sepenuhnya atas penamaan yang tidak tepat itu dikarenakan tidak adanya pembelajaran dari orang-orang yang memahami masalah ini.

Merujuk pada nama Pancawarna yang artinya 5 warna, Batu species Chalcedony (Kalkedon/Kalsedon) ini adalah batu yang memiliki luster waxy dan greasy alias licin mengkilap berkilau seperti wax (Lilin) dan lemak (Gemuk/Grease) yang ditunjang oleh hardness (Kekerasan) yang tinggi yaitu antara 6 – 7 Mohs Scales.

Luster adalah kualitas cahaya yang dipantulkan dari sebuah batu akik atau batu permata. Luster yang baik adalah salah satu untuk yang turut mempengaruhi hargaj ual dari sebuah batuan secara komersial.

Pancawarna dalam International Trade bisa disebut sebagai Agate atau lengkapnya Natural Five Colors Chalcedony bila mewakili 5 warna pada batunya. Bagaimana bila warnanya tidak mencapai 5 warna atau bahkan lebih dari 5 warna, Berikut adalah nama-nama yang mewakili jumlah warna :
  • 1. Batu dengan 2 warna : Dwi Warna atau Bi-ColorsChalcedony
  • 2. Batu dengan 3,4,6 dan 7 warna : Multi Colors Chalcedony
  • 3. Batu dengan 5 warna : Pancawarna atau Natural Five Colors Chalcedony
Pancawarna sering kali pula membingungkan sebagian orang ketika harus membedakan penyebutannya antara masuk kategori  “Agate” atau “Jasper”, Manakah  yang benar?

Pancawarna dapat disebut Agate apabila Semi-Transluclent hingga Translucent (Tembus cahaya) dan disebut sebagai Jasper bila Opaque (Tidak tembus cahaya). Dalam satu batu pancawarna ada yang tembus cahaya dan ada yang tidak. Potongan-potongan warna (Slices) terpisah dari kesatuan warna dalam 1 batu bisa mempengaruhi penamaan, Contohnya adalah :
  • 1. Bila hanya potongan atau bagian warna hijau saja yang diambil maka disebut Green Agate bila tembus cahaya (Translucent) dan Green Jasper bila tidak tembus cahaya (Opaque)
  • 2. Bila hanya potongan atau bagian warna merah saja yang diambil maka disebut Red  Agate bila tembus cahaya (Translucent) dan Red Japer bila tidak tembus cahaya (Opaque)
  • 3. Penyebutan warna lainnya disesuaikan dengan warna bagian yang diambil
Pertanyaan lain yang kerap muncul pada batu Pancawarna adalah, Apakah Pancawarna ada yang kristal (Crystal)? Sebelum menjawab pertanyaan itu, Perlu diketahui dulu definisi dari kristal. 

Kristal (Crystal) pada batuan artinya adalah tembus object yang maksudnya adalah benda atau object terlihat jelas oleh mata pada saat diterawang.Pada kenyataannya batu pancawarna tidak ada yang tembus object dan hanya sebatas translucent

Pada riset (Trial Run) yang saya lakukan selama kurang lebih 4 bulan dengan sampling (Contoh) batuan dari Sungai Klawing yang berada di Purbalingga - Jawa Tengah yaitu pada batu Pancawarna (Natural Five Colors Chalcedony) dan Nogosui (Heliotrope/Bloodstones), Saya mendapatkan hasil bahwa kedua jenis batuan tersebut memiliki tingkat metamorfosis (Perubahan bentuk hingga warna) yang sangat agresif dibandingkan jenis Pancawarna dan Nogosui dari wilayah lainnya di Indonesia. Sebagai catatan tambahan, Pancawarna dan Nogosui juga ada di wilayah Garut – Jawa Barat.

Hasil dari riset tersebut adalah Pancawarna dan Nogosui bisa mencapai full translucent dengan estimasi persentase 80% -85%. Sebuah hasil metamorfosis yang sangat agresif sehingga kedua batuan jenis ini menjadi batuan yang lebih indah daripada sebelumnya.

Semoga catatan riset saya ini bermanfaat bagi saya khususnya dan bagi mereka yang membutuhkan informasi tambahan. Silahkan ditunggu catatan riset saya berikutnya mengenai batuan dari Sungai Klawing yang dasyat hasilnya. Untuk sementara ini pencapaian hasil riset terbaru saya sekitar 70% pada batuan yang akan saya share berikutnya

Jakarta, Friday – February 06’2015
Article Writter : Andre Rere
Dedicated to   : AM100 Group and OSA – Jakarta, INDONESIA

Berikut jenis-jenis batu akik pancawarna yang ada di indonesia :
























Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 25, 2015 at 12:06 AM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Thanks for your comment