BLUE AMBER INDONESIA


TIDAK DISANGKA, Indonesia Memiliki 'Blue Amber' yang Langka...

Amber (bhs.Inggris) berasal dari kata 'Anbar' (bhs.Arab), dalam bahasa Latin pada abad pertengahan disebut 'ambar', untuk bhs.Perancis kuno disebut 'ambre'. Semuanya mengacu pada substansi zat seperti lilin padat (yang kini disebut dengan 'ambergris':kotoran padat dari ikan paus).

Pemahaman dan pengertian ini meluas ke fosil getah pohon pd sekitar thn.1400-an sejalan dengan memudarnya penggunaan istilah 'ambergris'. kedua substansi tsb cukup membuat bingung, yang satu dari 'kotoran ikan paus', satunya lagi dari 'getah pohon', dan keduanya banyak ditemukan di daerah pantai. Ambergris, mengapung di air, sedangkan 'amber' tenggelam di air.

Kata 'ambar' dibawa oleh para prajurit perang salib ke Eropa. Di Perancis, kata 'ambre gris' (dengan spasi, berarti: amber berwarna abu-abu) digunakan untuk 'ambregris' (kotoran ikan paus), sedangkan 'ambre jaune' (amber kuning) digunakan untuk 'fosil getah kayu' yang sekarang disebut dengan AMBER.

Amber, di Indonesia dikenal dengan nama 'katilayu', merupakan batuan fosil yang relatif lunak, kisaran kekerasanya 0.20 hingga 2.5 skala Mohs. Jenis batu ini memiliki sifat elektromagnetis yang dapat menarik debu dan partikel-partikel lain. Amber terasa hangat bila disentuh, halus, dan terasa seperti sutra. Amber yang paling murni dan paling berharga ditemukan di sekitar laut Baltik.

Cadangan Amber juga ditemukan di Republik Dominika, cadangan amber di negara ini kebanyakan berisi materi organis (dari mahluk hidup) yang terjebak di dalamnya, bisa berupa serangga, binatang kecil atau jaringan tumbuhan. Materi organis ini diperkirakan berumur paling tidak puluhan hingga ribuan tahun.

Penghasil Amber di negara kita: Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa.

Sumber Artikel : 
Indonesian Gemstones Community
https://www.facebook.com/IndonesianGemstones/posts/1528072284101469
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
Unknown
admin
April 29, 2015 at 6:53 PM × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Thanks for your comment