Batu permata Pirus atau Turqouise


Batu permata Pirus atau Turqouise dikenal dalam berbagai varian warna mulai dari biru, hijau polos hingga dengan guratan urat yang menarik dan unik. Batu Pirus memiliki kandungan tembaga, Alumunium dan Besi yang masing-masing kandungan tersebut mempengaruhi pembentukan warnanya. 

Semakin tinggi kandungan tembaga nya semakin biru warna batunya, dan semakin tinggi kandungan besi di dalamnya maka semakin hijau warna batu Pirus tersebut. Sedangkan guratan urat urat yang tampak pada batu batu tersebut tentu saja terbentuk dari ketidak homogenan antara masing-masing elemen pembentuknya yang justru memberikan keindahan tersendiri bagi permata satu ini. 

Batu Pirus memiliki tingkat kekerasan hingga 5-6 skala Mohs Karena batu pirus hanya sedikit lebih kuat dari kaca jendela maka batu ini harus dijaga dengan hati-hati, mungkin itu sebabnya batu permata satu ini lebih banyak digemari oleh para penggemar yang berusia 40 tahun ke atas. Keindahan batu Pirus dengan guratan urat urat padanya memang sudah sangat terkenal, beberapa pecinta batu Pirus menyebutnya dengan Pirus serat emas, ada juga yang disebut dengan Pirus serat daun.

Namun diantara demikian banyak serat yang dikenal paling mahal adalah Pirus dengan serat warna merah Karena konon warna merah identik dengan sacral. Namun demikian justru batu Pirus polos lah yang memiliki harga lebih tinggi di pasaran batu permata, seperti Pirus Naishabur berwarna biru muda dan Pirus Mekkah berwarna hijau daun. Namun, tidak jarang ditemukan pirus berwarna hitam, putih, bahkan berwarna perak.

SEJARAH BATU PIRUS

Batu pirus ini telah dikenal oleh bangsa Mesir dan ditambang di daerah Sinai lebih dari 6000 tahun silam dan banyak ditemukan dalam makam-makam kuno yang berusia lebih dari 4000 tahun sebelum Masehi. Nama batu pirus atau “turquoise” diambil dari bahasa Prancis artinya “batu Turki” karena pada awalnya dikira berasal dari Turki.
Namun sebenarnya merupakan batu nasional negara Iran (Persia) dan digunakan untuk menghiasi mahkota kerajaan dan atribut bagi para petinggi Negara, dan telah ditambang di Iran sejak sekitar 3000 tahun silam. Dibenua Amerika, suku-suku Indian membuatnya menjadi perhiasan-perhiasan yang indah. Suku Aztec mengunakan turquoise sebagai potongan kecil mozaic untuk menghias topeng yang digunakan pada upacara keagamaan dan hiasan lainya. 

KHASIAT BATU PIRUS

Batu Pirus dikenal sangat baik untuk digunakan oleh mereka yang lahir pada bulan Desember. Batu Pirus juga diyakini memiliki keistimewaan dalam hal membantu dalam proses penyembuhan penyakit, memberikan ketenangan pikiran dan membuka aura kekuatan diri khususnya kekuatan rohani. Para ulama Sunni maupun Syi’ah sebagian besar menganjurkan untuk memiliki Pirus.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment