Teknik Penjemuran/Pemanasan Batu dan kegunaannya


Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Dareh, Giok Aceh atau Indocrase ,Black Opal, Kalimaya , Chalcedony, Lavender baturaja dan lainnya.

Tentu nama-nama batu alam di atas sudah sangat familiar bagi pecinta batu di indonesia. Sehubungan dengan dunia perbatuan, memang banyak cara maupun tips agar batu permata/mulia yang kita miliki bisa menjadi kristal dan mengeluarkan warna asli batu tersebut. Salah satu dari cara/tips tersebut adalah proses penjemuran.

Proses penjemuran dilakukan agar batu yang kita punya bisa mengeluarkan warna/jarong (khusus kalimaya) dan menjadi kristal. Biasanya para pecinta batu menjemur batunya di pagi, siang bahkan sampai sore hari, tergantung seberapa lama sebuah batu membutuhkan panas. Dalam proses penjemuran, ada yang menggunakan air rendaman atau tidak. 

Apabila para bos ingin melakukan penjemuran untuk sebuah batu sebaiknya simak cara berikut ini:
- Panaskan atau jemur batu dikala matahari bersinar di pagi hari sampai siang hari

- Lakukan penjemuran batu dengan bijak karena sebagian batu bisa retak apabila terlalu panas seperti kalimaya. Kalimaya berbahan lunak jadi hati-hati sekali dengan panasnya cuaca. secukupnya, sekedarnya panas saja.

- Balikan batu pada siang hari supaya seluruh bagian batu mendapatkan panas yang merata dan maksimal

- Apabila batu masih bahan dan sudah dibentuk, gunakan air rendaman. Yang paling praktis adalah dengan air mineral. Masukkan batu ke dalam botol atau wadah yang berisi air mineral dan tutup rapat wadahnya untuk mendapatkan kondisi yang sesuai habitat batu tersebut.

- Lakukan cara ini secara rutin sampai hasilnya memuaskan karena setiap batu memerlukan zat-zat yang terkandung didalam air mineral tersebut. Jadi, zat-zat tersebut tidak ada, maka proses untuk memperoleh warna atau tingkat kejernihan batu akan memakan waktu yang cukup lama. Sekian dalam sedikit berbagi ilmu dari saya

Salam,
Yardi permata

SUMBER DI KOPAS DARI : FILE- " gruop yardi permata " jual beli bahan batu alam dan permata"
https://www.facebook.com/notes/-gruop-yardi-permata-jual-beli-bahan-batu-alam-dan-permata/teknik-penjemuranpemanasan-batu-dan-kegunaannya-oleh-yardi-permata/825064227518722
Previous
Next Post »
Thanks for your comment